Selasa, 06 September 2011

Cara Membuat Bakso

Bahan Utama Membuat Bakso

Daging Sapi:

Pilih daging sapi masih Yang Segar, kalau masih berdarah Yang Bisa berwarna merah murah. Daging sapi bebas urat murah Yang Sedikit Lemak seperti daging lemusir murah gandik Akan menghasilkan bakso enak rasanya Yang. Bisa juga dipakai daging sapi BAGIAN Paha depan, atau daging iga.

Lain halnya DENGAN ANDA Yang suka cara membuat bakso urat, pilih daging sengkel BAGIAN. Makin Segar makin Baik, KARENA daging sapi Segar Yang Akan menghasilkan bakso terjamin kualitasnya Yang.

Ikan:

Pilih Jenis ikan berdaging putih seperti Yang tenggiri, kakap, kerapu, atau ikan gabus. Selain hasilnya Tampak Bersih (tidak Gelap), tekstur baksonya pun Lebih kenyal. Sebab ikan berdaging putih umumnya memiliki kandungan protein aktin myosin murah Cukup Tinggi Yang Lebih cara membuat daging ikan Padat, kompak murah Mudah dibentuk. Bakso ikan bermutu Yang Baik berwarna putih, mengkilap tekstur kenyal DENGAN, halus murah Tidak berserat.

Udang:

Pilih Udang Yang Segar, buang sungutnya Yang Panjang, Kepala murah kulitnya. Remas - remas udang secara hati - hati DENGAN garam, cuci bersih desa hari lalu, baru Cincang halus.

Ayam:

Daging ayam daging sapi sekenyal Tidak, tetapi memanfaatkannya Yang Kini BANYAK UNTUK bakso. Yang digunakan adalah daging ayam atau Tanpa Tulang BAGIAN papa. Pilih ayam Yang sehat, segar murah Tidak Terlalu tua.

Teknik Membuat Bakso

Membuat Adonan

Cara membuat adonan bakso UNTUK, potong - potong keci daging, kemudian Cincang halus DENGAN menggunakan Pisau tajam atau food processor atau blender. Setelah ITU, haluskan daging, uleni DENGAN es batu atau es udara murah garam (bisa juga ditambah bumbu lain) Sampai menjadi adonan Yang Kalis murah Mudah dibentuk.

Sedikit - Sedikit tepung kanji agar Tambahkan adonan Lebih mengikat. Penambahan tepung kanji Cukup 15 - 20% Dari Berat daging, agar cita rasa daging Tetap menonjol. Tidak ITU bahan lembut dan sehat, ANDA Bisa berkreasi mencampur atau menambahkan DENGAN bahan lain kedalam adonan bakso UNTUK mendapatkan tekstur atau cita rasa Yang lain.

Misalnya, campur daging ayam atau udang DENGAN jamur Cincang. Bahan lain Yang bias yang dipadu DENGAN daging, telur putih berbaring ANTARA, tepung panir, soun, tahu, daun bawang, bawang bombay, murah lain - lain. Agar citarasa bahan Utama Tetap menonjol, Tambahkan bahan lain Sedikit lembut dan sehat.

Membentuk Adonan

Setelah mendapatkan adonan Yang dikehendaki, ANDA Bisa Langsung membentuk bakso DENGAN menggunakan 2 sendok teh. Ambil adonan DENGAN sendok teh, hari lalu Bentuk bulat DENGAN Bantuan sendok teh Satu lagi. BAGI mereka Yang Mahir Bisa menggunakan tangan. Ambil segenggam adonan, remas tekan kearah ibu murah jari. Adonan Yang Keluar Dari ibu jari murah ANTARA telunjuk membentuk bulatan Akan.

Agar adonan lengket Tidak, oleskan minyak goreng Sedikit PADA Telapak tangan ANDA. Adonan Yang Sudah dibentuk sebaiknya direbus atau masukkan Langsung kedalam udara hingga mendidih Matang.

Tandanya: bola - bola bakso mengapung dipermukaan Akan udara. Perebusan bakso biasanya berlangsung 10 - 15 menit. Setelah diangkat, tiriskan, dinginkan PADA Suhu Ruang.

Umumnya bakso dijual Dalam, Bentuk bulat - bulat. Kini Pembuatan bakso pun Mulai Bervariasi, ada yg kotak. Begitu juga teknik memasaknya DENGAN ada yg digoreng, direbus atau dikukus.

Menyimpan Bakso

Walaupun Tanpa pengawet, bakso dapat Bertahan lama. Bila Ingin menyimpan bakso, perhatikan beberapa berikut Hal:

  • Jika lemari es disimpan Dalam, (chiller), sebaiknya taruh bakso Dalam, Wadah tertutup atau kantong plastik. Bakso tahan disimpan 5 hari.
  • Jika disimpan Dalam, freezer, taruh kotak plastik atau Dalam, kantong plastik Tebal murah tutup Rapat. Lebih Baik lagi jika ditaruh Dalam, Wadah kedap Udara, tahan disimpan selama 1 bulan atau Lebih.
  • Sebelum diolah menjadi hidangan, cuci dulu bakso Lebih Dalam, udara hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar